Tutorial Membuat Setoran Tulisan KLIP dengan platform Google Document menggunakan HP

 

Bagi sebagian besar KLIPers, membuat setoran menggunakan gdoc mungkin adalah hal yang sudah biasa dilakukan bahkan ada yang setiap hari menyetorkan tulisan menggunakan google documents (seperti saya, ada yang sama?hehe).


Namun,tentu ada juga yang belum tahu bagaimana cara menyetorkan tulisan menggunakan google.


Berikut tutorial sederhana yang mungkin bisa membantu untuk membuat setoran tulisan di google documents menggunakan handphone :

  1. Langkah 1

Buka aplikasi Drive, pilih tanda + di pojok kanan bawah. 

  1. Langkah 2

Setelah itu akan muncul pilihan lagi, pilihlah lambang Gdoc atau pilihan google documents seperti pada  foto ini.

  1. Langkah 3

Selanjutnya akan muncul halaman google documents yang bisa digunakan untuk mengetik tulisan.



  1. Langkah 4

Setelah tulisan selesai. Kita bisa memeriksa langsung jumlah kata yang telah kita tulis dengan cara mengklik titik tiga di pojok kiri atas. Lalu akan muncul pilihan, pilih "word count"


Kemudian akan muncul berapa jumlah kata yang telah kita tulis dalam dokumen tersebut. Jika dirasa sudah mencapai 300 kata dan tak ingin menambah kata yang ditulis lagi, maka selanjutnya adalah menyetorkan link nya ke website KLIP.


  1. Langkah 5

Bagaimana cara mendapatkan link untuk disetorkan di website KLIP nya?

Mudah sekali, kita bisa memilih "share and export" nanti akan muncul lagi pilihan lainnya.



Di KLIP kita diperbolehkan menyetorkan tulisan dengan platform gdoc dalam bentuk terkunci atau tak bisa dilihat oleh orang lain, ataupun bisa dibaca dan ada juga pilihan bisa diedit oleh orang lain.


  1. Setoran gdoc di-privat.

Untuk pilihan setoran terkunci yang tidak bisa dilihat siapapun, setelah klik "share and export" akan muncul pilihan seperti ini di "link setting". Maka setelah itu kita selanjutnya tinggal meng copy link nya.


Jika sudah terpilih "restricted" maka selanjutnya tinggal meng klik gambar rantai di pojok kanan, lalu paste kan ke halaman penyetoran tulisan di website KLIP



  1. Setoran gdoc bisa dilihat orang lain.

           Jika ingin tulisan kita bisa dilihat oleh orang lain, setelah klik "share and export", klik "link setting" . Kemudian akan muncul seperti di gambar ini, pilihlah "anyone with the link", lalu klik lagi gambar rantai untuk mendapatkan linknya.

Sama seperti sebelumnya, jika sudah dicopy linknya, terakhir tinggal disetorkan pada halaman setoran harian di website KLIP.



Kurang lebih demikianlah cara membuat storan KLIP menggunakan platform Google document. KLIP memang tidak akan memeriksa seperti apa tulisan kita atau bagaimana tulisan kita. KLIP hanya membantu kita memperkuat komitmen untuk konsisten menulis setiap hari.


Keseruan mengejar berbagai badge menjadi salah satu penyemangat KLIPers dalam perjalanan melatih konsistensi menulisnya.


Jadi, memang tak akan ada yang menilai tulisan kita. Tetapi dijamin, kepuasan yang didapat dengan berlatih konsistensi menulis di KLIP itu..bikin nagih! 

Posting Komentar

0 Komentar