Manfaat mempercepat jam makan malam

 



Manfaat mempercepat jam makan malam :


1. Ritme dan mekanisme tubuh jadi lebih seimbang. 


Idealnya menurut kebiasaan Rasulullah, kita sebaiknya tidak makan mendekati waktu tidur. Dengan makan jam 5 sore, tubuh jadi punya waktu untuk mencerna lebih baik, dan baru tertidur saat tubuh sudah selesai mencerna makanan. Jika tubuh tertidur saat makanan sudah selesai dicerna, tubuh menjadi lebih seimbang, lebih sehat dan tentu saja lebih bugar. 


2. Sebelum magrib para ibu sudah tuntas beberes dapur. 


Dapur berantakan dan banyak barang di semua permukaan dapur adalah pencuri kewarasan bagi sebagian besar ibu saat pagi hari. Jadi beres -beres dapur sebelum tidur adalah wajib jika ingin memulai pagi lebih bahagia. 

Dengan dapur yang lebih cepat beres kita para ibu jadi bisa tidur lebih cepat. Dan yang terpenting tidur setelah isya sesuai dengan sunnah Rasulullah. 


3. Para ibu jadi punya waktu untuk mindful activity bersama keluarga lebih banyak sebelum tidur. 


Mindful activity atau istilah abah ihsan "gerakan 1821" sangat besar perannya dalam membentuk bonding keluarga. Jika dilakukan dengan rutin dan berkualitas hubungan ayah-ibu jadi lebih jernih, begitu pula hubungan antara anak dan orang tua.


4. Tubuh otomatis bangun saat dini hari dalam keadaan lebih segar. 


Tidur larut membuat tubuh terasa berat saat bangun. 

Saat terbangun dengan kondisi bugar, akan membuat tubuh lebih ringan dan bersemangat untuk melakukan rutinitas dini hari seperti tahajud, menulis, menjurnal, membaca buku dan olahraga. 


5. Bangun lebih pagi membuat hari terasa lebih panjang dan produktif


Beberapa tahun terakhir, kebiasaan bangun pagi mulai digalakkan oleh pakar-pakar pengembangan diri di dunia. Hal ini membuat hati terasa lebih jernih dan panjang. 



#homemanagemettips

Jika ditelaah lagi, sejak dulu Rasullulah sudah mencontohkan umatnya untuk bangun sejak dini hari.  


Secara duniawi, orang yang bangun subuh, baik muslim atau bukan, akan mendapatkan keberkahan yaitu hari jadi lebih panjang, lebih tenang, lebih produktif dan tentu saja akan lebih bahagia. 


Tulisan ini saya persembahkan untuk teman2 pejuang subuh dimana saja berada.

Posting Komentar

0 Komentar